JUMLAH KAMBING UNTUK AQIQAH

Salah satu tradisi umat Islam untuk merayakan kelahiran anak adalah Aqiqah. Akikaya dilakukan dengan menyembelih Hewan seperti kambing. Berapa banyak?

Aqiqah secara bahasa artinya memotong. Menurut pendapat lain, akika adalah sebutan untuk rambut bayi yang baru lahir. Menurut terminologi yang dijelaskan dalam buku Fiqh Ibadah karya Zaenal Abidin, akikah adalah persembahan kepada bayi yang baru lahir sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Baca Juga:

Aqiqah Untuk Anak laki Laki Di Bekasi

Ada banyak hadits yang mengatakan bahwa akaya adalah kewajiban dalam Islam. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Bukhari dalam Shahih-nya, Sulaiman bin Ami adz-Dhaby ra, Nabi SADF berkata:

“Bayi yang baru lahir harus diaqiqahi. Menguras darah (sembelih kambing) dan menghilangkan kotoran dan penyakit yang menyertai bayi (mencukur bulu).” (HR.Buhariu).

Dalam hadits lain, Samurai bin Jundab ra berkata, Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan:

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى

Artinya: “Setiap anak yang lahir, mengikatkan akikatnya, yaitu kambing yang disembelih pada hari ketujuh, kemudian bayi itu diberi nama dan dipotong rambutnya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, Bayhaqi dan Al-Hakim).

Menurut mazhab Syafi’y, Akikah adalah Sunnah Muakkada. Yakni, suatu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Jika dilakukan, dia akan mendapat pahala dari Allah, tetapi jika tidak melakukannya, itu bukan dosa.

Jumhur ulama mengklaim bahwa aqiqah dipraktekkan hanya untuk anak laki-laki dan perempuan. Merujuk pada salah satu hadits Nabi a.s., yang menyebutkan bahwa Akikaya dilakukan pada hari ketujuh.

Baca Juga :

Aqiqah Untuk Anak Perempuan Di Bekasi

Dalam hal jumlah hewan akikah, anak laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan. Imam Asy-Syafi’i, Abu Tsauri, Abu Dawud dan Ahmad sebagaimana disebutkan dalam kitab Bidajatul Mujtahid Wa Nihajatul Muqteshid Jilid 1 karya Ibnu Rusyd, disebutkan bahwa bagi anak perempuan aqiqahnya satu kambing dan untuk anak laki-laki dua kambing.

Pendapat ini disebutkan dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Ummu Kurz al-Kabiyya mendengar Nabi a.s. pepatah:

Sembelih dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan.” (HR.Abu Dawud).

Imam Nawawi rahimahullaah mengatakan dalam kitabnya al-Majmu, hewan yang boleh (secara hukum) menyembelih aqiqah adalah domba dan kambing dewasa yang sudah memiliki gigi bergerigi (gigi depan). Kambing juga tidak boleh cacat. Secara umum, sifat hewan akika sama dengan hewan kurban.

Untuk Konsultasi Aqiqah & Pemesanan jasa aqiqah Hubungi Kami

Leave a reply "Berapa Jumlah Kambing Aqiqah Anak Sesuai Sunnah?"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*